Rabu, 03 November 2010

cara format paragraf

M
icrosoft Word adalah program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menciptakan documen berkualitas profesional. Microsoft Word ( Ms. Word ) ini memungkinkan anda mengetik dan menformat teks, memperbaiki kesalahan, dan menampilkan pekerjaan sebelum dicetak ke printer, disamping itu Ms Word memiliki kemampuan dan keluasan untuk menghasilkan dokumen profesional dengan mudah dan cepat.

Hal – hal yang dipelajari dalam bab ini adalah :









1.1 Menjalankan Ms. Word
Untuk memulai, buka menu Start dengan menekan tombol Start. Posisi tombol Start berada pada TaskBar yang terletak di pojok kiri bawah seperti pada gambar berikut :















Gambar 1.1

1.2 Memulai Ms Word
Saat anda memulai MS Word, maka jendela program Word akan terbuka. Jendela ini umumnya berisi menu yang sama, tool, dan fitur lainnya yang dimiliki setiap program Microsoft Office. Namun ada beberapa yang hanya terdapat pada Ms Word. Ilustrasi menu, work panel dan toolbar dapat dilihat pada jendela Ms Word yang ditampilkan pada gambar 1.2 dan 1.3 berikut ini :


























Gambar 1.2

















Gambar 1.3

1.3 Membuat dokumen baru
Untuk membuat dokumen baru pada toolbars standart, klik tombol New Blank Document, dengan demikian sebuah jendela dokumen baru akan terbuka.



Gambar 1.4






Kemudian anda bisa mengetikkan tulisan anda pada lembar kerja Ms. Word. Sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa dalam mempelajari komputer kita harus lebih dulu mengenal tombol – tombol keyboard sehingga diharapkan pada saat kita melakukan pengetikan, kita tidak lagi mencari – cari kegunaan maupun letak tut – tutnya. Anda dapat melihat ilustrasi fungsi – fungsi tombol tersebut di bawah ini :


















1.4 Bekerja dengan dokumen
Setelah lembar kerja Ms.Word terbuka dan anda sudah mengenal fungsi – fungsi tut pada keyboard, barulah anda bisa melakukan pengetikan dengan lancar. Disini anda tentu bisa mengetik dokumen atau naskah yang anda kehendaki, namun tidak menutup kemungkinan pada saat anda mengetik ada beberapa teks yang harus divariasi agar kelihatan baik misalnya dengan memberi efek tebal, miring, garis bawah dan lain – lain. Untuk itu semua lamgkah penformatan harus didahului dengan pengeblokan supaya diketahui oleh komputer teks mana saja yang akan diberi efek tersebut.












Gambar 1.5



TIPS & TRIK
Pilihan Aksi
Sebuah Kata Klik ganda ada kata yang akan diblok
Sebuah baris Klik area pilihan disebelah kiri baris yang akan diblok
Sebuah kalimat Klik sembarang tempat dalam kalimat tersebut sambil menahan tombol CTRL
Sebuah Paragraf Klik tiga kali pada sembarang tempat pada paragraf tersebut
Seluruh dokumen Tekan tombol CTRL bersamaan dengan tombol A


1.5 Menyimpan dokumen
Jika tulisan yang anda ketikkan sudah selesai dan dikemudian hari anda mau melanjutkan ketikan lagi, maka dokumen tadi harus disimpan dengan cara: dari toolbars standart anda pilih icon ( tombol ) save.



Kemudian akan muncul dialog seperti tampilan berikut ini:

Gambar 1.6

Anda dapat pula menyimpa file pekerjaan anda dengan menggunakan nama file yang berbeda atau dengan menggunakan format file yang berbeda. Untuk melakukan hal tersebut ikuti langkah di bawah ini:

Maka akan keluar kotak dialog sebagai berikut :



















Gambar 1.7








1.6 Mengganti Teks Dalam Dokumen
Pada saat anda membuat naskah dengan menggunakan Ms. Word, terkadang terjadi kesalahan dalam penulisan. Kesalahan penulisan pada Ms. Word terbagi menjadi 2, yaitu :
- Disebabkan oleh Fasilitas Auto Correct
- Disebabkan kesalahan dalam mengetik

1.6.1 Mengganti Kesalahan Pengetikan Akibat Fasilitas Auto Correct
Auto Correct adalah fasilitas yang dimiliki Ms. Word untuk memperbaiki kesalahan ejaan pada saat anda mengetik. Sebagai contoh, saat anda mengetik kata “ The “ maka pada saat anda menekan spasi, kata tersebut menjadi kata “ The “
Anda dapat membatalkan fasilitas ni dengan menekan tombol yang muncul setelah terjadi perubahan.
Anda dapat pula mematikan fasilitas Auto Correct ini dengan langkah berikut :





1.6.2 Mengganti Teks akibat kesalahan mengetik
Bila anda ingin mengganti sebuah kata atau beberapa kata yang sama, maka anda bisa menggunakan fasilitas Find And Replace, dengan mengikuti langkah – langkah berikut :



















Gambar 1.8








S
etelah anda mengenal operasi dasar dari penggunaan Ms. Word dan telah mencoba untuk membuat sebuah dokumen dengan menggunakan Ms. Word, pada bab ini anda akan belajar tentang pemformatan paragraf. Dengan pengaturan format paragraf, diharapkan dokumen yang dibuta akan lebih menarik, rapi dan nyaman untuk dibaca.
Hal yang akan dipelajari pada bab ini adalah :







Pengaturan Format Paragraf
Perataan Text
Dalam penulisan dokumen tentu kita kenal dengan beberapa perataan ( Align ) tulisan seperti judul kita tengahkan dan lainnya sesuai dengan kebutuhan. Banyak cara dalam pengolahan tulisan, ada yang kita ketikan dulu baru edit atau kita ratakan atau juga sebaliknya, kita ratakan dulu baru kita ketik, semua cara diatas menghasilkan tulisan yang sama. Untuk itu sebaiknya kita ketik tulisannya dulu baru kita edit. Untuk mengedit tulisan selalu diawali dengan pengeblokan, kemudian pilih Align Center,.left, justify atau Right pada toolbars standart. Untuk lebih jelasnya, masi kita melihat gambar 2.0 berikut ini :










Selain menggunakan toolbar, untuk mengatur perataan paragraf anda dapat juga menggunakan langkah – langkah sebagai berikut :












.



Mengatur Indentasi Paragraf
Indentasi adalah teks yang menjorok ke dalam, dihitung dari Margin. Sedangkan pengertian Margin adalah batas – batas pengetikan yang diukur dari tepi kertas ( baik tepi kertas atas, bawah, kiri maupun kanan )
Ada 4 macam jenis Indentasi
First Line Indent = Indentasi baris pertama, tujuannya untuk memasukkan teks hanya pada baris pertama saja/awal paragraf
Hanging Indent = Indentasi baris kedua dan seterusnya dimana baris kedua dan seterusnya saja yang masuk sedangkan baris pertama tetap diluar. Biasanya hanging indent ini kita sebut dengan indentasi menggantung
Left Indent = Indentasi untuk mengatur semua baris kiri sesuai dengan keinginan anda
Right Indent = Indentasi untuk mengatur semua baris kanan sesuai dengan keinginan anda.

Sebagai gambaran, berikut adalah contoh First Line Indent
Microsoft Word adalah program pengolah kata atau disebut Ms. Word ( Word Processing ). Program pengolah data yang lain selain Ms. Word Adalah WS ( Word Star ) dan masih banyak lagi. Dengan adanya program word ini, anda dapat melakukan pengetikan, penformatan, pencarian, dan pencetakan tulisan yang telah anda ketikkan. Itilah gambaran sekilas tentang program Microsoft Word.

Sebagai gambaran, berikut adalah contoh Hanging Indent
Microsoft Word adalah program pengolah kata atau disebut Ms. Word ( Word Processing ). Program pengolah data yang lain selain Ms. Word Adalah WS ( Word Star ) dan masih banyak lagi. Dengan adanya program word ini, anda dapat melakukan pengetikan, penformatan, pencarian, dan pencetakan tulisan yang telah anda ketikkan. Itilah gambaran sekilas tentang program Microsoft Word.

Sebagai gambaran, berikut adalah contoh Left Indent
Microsoft Word adalah program pengolah kata atau disebut Ms. Word ( Word Processing ). Program pengolah data yang lain selain Ms. Word Adalah WS ( Word Star ) dan masih banyak lagi. Dengan adanya program word ini, anda dapat melakukan pengetikan, penformatan, pencarian, dan pencetakan tulisan yang telah anda ketikkan. Itilah gambaran sekilas tentang program Microsoft Word.

Sebagai gambaran, berikut adalah contoh Right Indent
Microsoft Word adalah program pengolah kata atau disebut Ms. Word ( Word Processing ). Program pengolah data yang lain selain Ms. Word Adalah WS ( Word Star ) dan masih banyak lagi. Dengan adanya program word ini, anda dapat melakukan pengetikan, penformatan, pencarian, dan pencetakan tulisan yang telah anda ketikkan. Itilah gambaran sekilas tentang program Microsoft Word.

Adapun langkah melakukannya sebagai berikut :



























Anda juga dapat menggunakan ruler horizontal untuk mengatur indentasi dan margin pada dokumen anda. Perhatikan tabel berikut untuk menerangkan masing – masing tanda indent.
Nama Tanda Icon
Keterangan

First Line Indent
Posisi dari teks pertama pada baris pertama dimulai dalam paragraf
Hanging Indent
Posisi dari baris kedua dan seterusnya dimulai dari paragraf
Left Indent
Posisi dimana indent teks saat menekan tab

Right Indent
Posisi huruf terakhir pada suatu paragraf



Mengatur Jarak Antar Baris ( Line Spacing )
Kadangkala dalam penulisan teks yang terdiri dari beberapa baris sampai diakhiri dengan penekanan Enter, baris pertama lebih menjorok kedalam jika dibandingkan dengan baris bawahnya atau sebaliknya, baris bawahnya lebih menjorok kedalam jika dibandingkan dengan baris pertama, atau jarak antar bari sedikit lebih renggang atau rapat. Maka disini anda akan diajari cara untuk memformat paragraf.











Dan untuk mempermudah, berikut ini kami sajikan tampilan menunya :














Pengaturan Format Tabulasi
Untuk melakukan pengetikan yang rata tengah, kiri maupun kanan namun tidak berlku untuk semua tulisan dalam satu paragraf maka cara yang digunakan adalah melalui pemformatan tabulasi.
Fasilitas tabulasi dapat anda gunakan dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini :
























Pengaturan Bullet And
Pemberian Penomoran Otomatis ( Numbering )
Pemberian penomoran ini biasanya digunakan untuk pengetikan dalam pembuatan buku atau pembuatan skripsi, dimana sistem penomorannya terdapat sub nomor dst. Untuk itu ada langkah – langkah yang harus diikuti dalam pembuatan penomoran ini.







Untuk lebih jelasnya anda bisa gunakan langkah – langkah pada gambar berikut ini :














Pemberian Simbol – simbol pada setiap awal paragraf
Kadang – kadang kita juga perlu menampilkan simbol – simbol tertentu pada setiap awal paragraf. mungkin hanya sekedar variasi saja, atau memang untuk menandai kalimat yang dimaksud. Jika kita ingin memunculkan simbol pada setiap awal paragraf, hal ini dinamakan Bullet. Adapun langkah dalam pembuatan Bullet adalah sebagai berikut :

Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti langkah sesuai gambar dibawah ini. Setelah teks diblok, kemudian pilih format dari menu bar, dilanjutkan dengan pilihan Bullet and numbering maka muncul tampilan dialog seperti ini :













Namun jika kita ingin menampilkan karakter tertentu yang letaknya tidak selalu diawal paragraf melainkan sesuai dengan letak kursornya, maka kita bisa pilih menu insert dilanjutkan dengan pilihan simbol, kemudian pilih model simbol yang diinginkan. Dan jika anda juga ingin menyisipkan tanggal atau jam sekasrang, maka anda bisa memilih Insert pada menu, dilanjutkan dengan pilihan Date and Time, dan pilih model penulisan tanggal atau jamnya lalu klik OK

Pemformatan Style
Pada saat anda membuat sebuah dokumen di Ms. Word, anda dapat membuat tampilan atau style sendiri sesuai kehendak anda. Namun anda juga dapat memanfaatkan style yang telah disediakan oleh Ms. Word.
Untuk menggunakan style yang telah disediakan oleh Ms. Word ikutilah langkah berikut :






Pemberian Bingkai Halaman
Untuk memperindah tampilan, anda dapat memberikan border pada halaman dokument anda. Adapun langkah dalam pembuatan bingkai halaman adalah sebagai berikut :


















J
ika anda telah selesai melakukan pengetikan pada bab yang sudah diterangkan sebelumnya, kemudian anda ingin agar dokumen yang anda buat tampak profesional dirancang dan dipoles dengan baik. Tampilan teks harus mencerminkan isi pesan anda. Format paragraf dan halaman akan mempengaruhi daya tarik dokumen anda, dan membantu menarik minat pembaca pada informasi penting. Anda bisa menformat teks untuk dijadikan menyolok dan menyusun paragraf agar mudah dibaca. Anda bisa membuatnya menjadi huruf Tebal, Miring, diberi garis bawah dan juga bisa dihiasi dengan warna tulisan.

Hal – hal yang dipelajari dalam bab ini adalah :










3.1 Pemformatan Teks
3.1.1 Memberi Warna Teks
Untuk melakukan pemformatan teks, maka terlebih dahulu tandai teks yang akan diformat dengan cara membloknya
Misal :






Kemudian anda bias pilih Icon Font Color pada toolbar standart




Selain dengan cara memilih icon pada toolbar standart, anda juga bisa memformat warna teks melalui menu dengan urutan sebagai berikut :









Untuk lebih jelasnya, anda bisa perhatikan tampilan berikut ini :



















Untuk memilih jenis huruf, pilih menu dan pada pilihan sub font anda bisa pilih font seperti yang di tunjukkan pada gambar 2.2. setelah itu pilih jenis huruf yang anda inginkan, seperti Time New Roman, Arial,Narrow, dll.

Sedangkan untuk merubah ukuran huruf pada sub font diatas, anda bisa memilih size-nya dan isikan size-nya sendiri jika pilihan yang tersedia tidak sesuai dengan keinginan anda. Kemudian akhiri dengan penekanan Tombol Ok.

Jika seseorang menggunakan komputer untuk membaca dokumen, anda dapat pula memberikan animasi pada naskah tersebut dengan mengikuti langkah- laangkah sebagai berikut:








Untuk mengembalikan teks ke bentuk semula, dalam hal ini kembali ke warna semula ( sebelum pengeditan ), anda bisa menekan tombol undo pada toolbar standart

Sebaliknya jika anda ingin kembali ( setelah pengeditan teks ) maka anda bisa memilih tombol redo pada toolbar standart

Jika sudah selesai melakukan pengiditan, anda bisa menyimpan teks tersebut sesuai dengan langkah diatas (1.5), atau anda bisa tekan tombol save pada toolbar standart

Teks yang telah anda ketikkan tadi juga bisa digandakan dengan cara dicopy ( duplicate), namun sebelumnya anda harus ditandai dulu teksya dengan cara diblok kemudian pilih icon Copy pada toolbar standart

Untuk menampilkan hasil copy-an tadi, anda bisa menekan secara bersamaan Ctrl dengan V, atau tekan dengan tombol paste pada toolbar standart. Dengan demikian terbentuklah teks duplikatnya.
Anda juga bisa memindah (cut) sebagian teks, namun tentunya teks tersebut harus dalam keadaan diblok terlebih dahulu. Pilih tombol cut pada toolbar standar dan untuk memunculkan hasil pemindahan ( move ) tadi anda bisa meletakkan kursor pada tempat yang diinginkan, kemudian tekan tombol paste pada toolbar standard

Untuk meng- copy formatnya saja dari teks yang kita pilih, misalnya ( hanya ingin format tebal, miring, garis bawah, dll ) anda dapat memilih tombol paint format pada toolbar standard. Kemudian anda klikkan pada teks yang akan dibuat formatnya serupa dengan sumber tadi

3.2 Perubahan Jenis Huruf
Dalam program pengelola kata seperti microsoft word ini, telah tersedia beberapa jenis huruf ( font ) sehingga kita hanya perlu memilih jenis huruf apa yang ingin ditampilkan, misalnya Times New Roman, Arial, dst. Namun jika kitaingin menampilkan jenis huruf yang tidak ada pada pilihan jenis font, maka kita hanya perlu meng-instal jenis hurufnya saja yang nantinya akan ditambahkan pada jenis hurufnya program Ms word.
Untuk memilih jenis huruf, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:








Dengan demikian berubahlah jenis huruf yang anda blok tadi sesui dengan keinginan anda.

























3.3 Perubahan Bentuk Huruf ( Case )
Tidak jarang dalam suatu pengetikan pembuatan skripsi, makalah atau pengertian lainnya , seringkali kita sudah terlanjur mengetik dalam huruf besar (kapital) semua sedangkan permintaan konsumen seharusnya diketik dalam bentuk huruf kecil ( small ), maka kita sangat beruntung sekali karena dengan adanya program pengelolaan kata ini, kita tidak perlu repot-repot lagi yaitu dengan meruubah secara otomatis berntuknya sehingga akan lebih efesien dalam pekerjaan.
Adapun langkah – langkah yang harus dilakuka dalam perubahan bentuk huruf ini adalasebagai berikut:











Kemudian muncul dialog change case sebagai berikut:










3.4 Memasukkan AutoTeks
Fasilitas ini dapat digunakan bila anda sering mengetikkan sebuah kata secara berulang-ulang. Misalnya, anda seringkali menggunakan kata “Microsoft Word” maka ikuti langkah – langkah berikut ini:







Untuk menggunakan fasilitas ini, anda cukup mengetik 4 huruf pertama kemudian tekan enter. Secara otomatis MS Word akan melengkapi teks anda.

3.5 Memasukkan Tanggal dan Waktu







3.6 Memerikas Kesalahan Ejaan
Pada saat anda membuat dokumen dengan menggunakan Microsoft Word,maka word secara otomatis akan melakukan pengecekan terhadap teks yang anda ketik. Word akan memberikan tanda berupa garis bawah bergelombangberwarna merah untuk menandai teks yang tidak terdapat dalam kamus word. Word akan memberikan tanda berupa garis bawah bergelombangberwarna hijau untuk menandai kata yang kemungkinan memiliki kesalahan ejaan.
Untuk memperbaiki kesalahan secara otomatis, anda dapat menggunakan fasilitas spelling dan grammar dengan mengikuti langkah berikut ini:






Pada kotak dialog spelling and grammar terdapat beberapa tombol, berikut ini adalah penjelasan dari masing- masing tombol tersebut:




Tombol Fungsi
Ignore Once Membiarkan kesalahan pada teks yang disorot,untuk berikutnya mencari kesalahan pada kata- kata berikutnya
Add ti dictionary Menambahkan kata yang dipilih kedalam kamus microft word
Change mengubah kesalahan pada kata yang disorot , yang anda pilih dalam kotak suggestion
Change All Mangubah bentuk dari semua ejaan beserta perbaikannya , sehingga Ms word secara otomatis akan memperbaikinya pada saat teks tersebut diketikkan
Auto correct Menambahkan kesalahan ajaan beserta perbaikannya, sehingga Ms word Secara otomatis akan memperbaikannya pada saat teks tersebut Diketikkan
Undo Membatalkan aksi pengejaan dan tata bahasa terakhir yang anda jalankan

3.7 Pemberian Simbol – simbol
Simbol adalah karakter - karakter yang tidak terdapat pada keyboard. Untuk memasukkan syimbol, ikuti langkah – langkah sebagai berikut
























Program Microsoft juga bisa dipakai dalam pengetikan dokumen model koran atau kolom, namun dalam pembuatan koran terdapat program tersendiri. Yakni bisa dengan menggunakan Page Maker, namun bila bentuk kolomnya tidak tidak terlalu banyak maka anda dapat juga menggunakan fasilitas yang ada pada program Ms Word.

Hal- hal yang akan dipelajari dalam bab ini adalah:






4.1 Membuat Teks Bentuk Koran
Untuk mempermudah pembuatan koran dengan menggunakan program Word, sebaiknya diikuti langkah-langkah sebagai berikut:
Adapun bentuk tampilan menunya seperti berikut ini:























4.2 Memindah Teks Antar Kolom
Untuk memindahkan teks supaya bisa dipindahkan ke kolom sebelahnya, maka ikutilah langkah – langkah berikut ini :






Demikian kita bisa menulis di kolom sebelah kanannya
Tampilan menu Insert Break seperti berikut ini :














4.3 Memberi Penomoran Halaman
Seringkali kita menemui pada penulisan makalah dan majalah, dimana hampir bisa kita pastikan bahwa pada bagian bawah atau bagian atas halaman, terdapat nomor halaman. Nomor tersebut bisa berupa angka numerik, abjad maupun angka romawi.breikut ini kita sajikan pembuatan penomoran halaman melalui program microsoft word.










Untuk lebih jelasnya, kita sajikan menu penomoran berikut ini:




























A
nda bisa menyisipkan dan memodifikasi grafis dalam Ms Word agar dokumen anda menarik secara visual, dan unttuk menyampaikan informasi yang sulit untuk diberikan dalam bentuk tekstual. Grafis adalah sebuah gambar atau sebuah objek lukisan. Anda bisa menggunakan opsi- opsi toolbar drawing untuk menyisipkan gambar dan menggambar banyak objek tanpa harus meninggalkan program Microsoft Word. Sedangkan gambar dapat berupa sebuah foto, gambar yang di-scan, bitmap, atau clipart yang dibuat diluar Ms Word. Objek gambar dibuat dalam word, termasuk autoshap, diagram, kurva, garis, dan objek gambar Word Art.
Hal-hal yang dipelajari dalam bab ini adalah:










5.1 Menyisipkan gambar
Anda bisa menyisipkan hampir segala jenis gambar, foto hasil scan, foto atau karya seni dari suatu CD-Room atau program lain kedalam dokumen Word. Saat anda mengguanakan submenu picture pada insert, tentukan sumber gambarnya letak file, kumpulan clipart Word, atau Scanner. Berikut ini adalah langkah- langkah pada penyisipan gambar:







Agar lebih mudahnya, berikut kami sajikan menu bar insert picturen-nya.














Begitu anda memilih insert, maka gambar yang telah anda pilih tadi sudah di tampilkan pada lembar kerja microsoft word dan anda dapat memodifikasi sesuai dengan keinginan anda karena secara otomatis akan tampil toolbar picture untuk mengidit gambar.




Gambar 5.2
Tabel berikut ini menjelaskan tombol-tombol pada toolbar picture:
Nama Tombol Tombol Keterangan
Insert Picture
Menyisipkan gambar
Color
Mengubah warna gambar
More Contrast
Menerapkan kontras
Less Contrast
Mengurangi kontras
More Brightness
Menambah kecerahan
Less Brightness
Mengurangi kecerahan
Crop
Memotong gambar
Rotate Left
Memutar gambar kekiri
Line Style
Megubah style garis
Compress Picture
Mengurangi ukuran gambar
Text Wrapping
Melipat teks sekitar gambar
Format Picture
Mengubah fitur gambar baik teks maupun warna
Set Transparen Color
Menjadikan warna gambar yang dipilih transparan
Reset Picture
Mengembalikan setting gambar ke awal

5.2 Memodifikasi gambar ( menformat gambar )
Setelah gambar yang anda pilih sudah masuk ke lembar kerja, maka anda bisa memodifikasi ( mengidit ) gambar tadi dengan cara meng-klik gambar tersebut kita gambanya dengan langkah – langkah sebagai berikut:























5.3 Merubah ukuran gambar
Untuk merubah ukuran gambar, caranya sama dengan menformat gambar tadi hanya pilihannya adalah size, kemudian anda bisa isikan width dan higth dari gambar yang dipilih tadi.















5.4 Melepaskan group pada gambar
Kadang- kadang kita ingin memberi warna pad objek tertentu yang terdapat pada gambar, dan pada dasarnya gambar ( clip ) tersebut terdiri dari gabungan beberapa objek sehingga membentuk suatu gambar. Utnuk mewarnai tiap-tiap gambar tersebut, kita harus melepaskan dulu gabungannya degan cara melepasnya ( ungroup ) sehingga masing- masing objek akan terpisah. Adapun langkah untuk melepaskan gabungan adalah sebagai berikut:


















5.5 Bekerja dengan diagram
untuk mengorganisasikan data yang anda miliki dalam microsoft word, anda dapat menampilkan dalam bentuk diagram. Word menyediakan berbagai macam model diagram, antara lain diagram siklus, diagram radial, diagram piramid,diagram venn, dan diagram target. Untuk membuat diagram tersebut kita ikuti langkah berikut:






Langkah- langkah:
1.pilih jenis diagram yang dikehendaki
2.akhiri dengan menekan tombol Ok




Gambar 5.8
Setelah menekan tombol Ok, maka akan tersisipkan sebuah diagram. Anda dapat merubah isi dari diagram tersebut. Untuk menambahkan objek, anda dapat menggunakan fasilitas autoshapes. Ikuti langkah – langkah sebagai berikut:







5.6 Pengaturan tesk dan gambar
Pada saat memasukkan sebuah gambar pada dokumen anda, mala posisi teks yang telah anda ketikkan bisa menjadi tidak beraturan, anda dapat merapikan kembali teks dan gambar tersebut dengan cara sebagai berikut:


























5.7 Bekerja dengan tombol Word Art
WordArt adalah fasilitas microsoft word untuk memberikan efek-efek khusus pada teks anda. Dengan WordArt, anda dapat menampilkan teks yang anda buat berbentuk lingkaran, 3 deminsi dan lainnya. Cara untuk mambuat word art adalah sebagi berikut:
























untuk menampilkan tampilan WordArt yang telah anda buat, klik teks anda. Kemudian akan muncul sebuah toolbar ( gambar 5.11 ) yang dapat anda gunakan untuk mengatur word art anda.






Symbol Nama Tombol Keterangan
1 Insert WordArt Memasukkan WordArt baru
2 Edit Text Mengedit teks dalam WordArt
3 WordArt Gallery Menampilkan macam – macam model WordArt
4 Format WordArt Untuk memanipulasi WordArt
5 WordArt Shape Mengubah bentuk WordArt
6 Text Wrapping Merubah posisi teks disekeliling WordArt
7 WordArt Same Letter Height Merubah tinggi huruf WordArt
8 WordArt Vertical Teks Merubah perataan teks dr horisontal ke vertikal
9 WordArt Alignment Mengubah perataan WordArt
10 WordArt Character Spacing Merubah jarak antar karakter WordArt


5.8 Menggambar dan memodifikasi bentuk
Microsoft word juga menyediakan fasilitas untuk menggambar objek- objek yang umum dipakai seperti lingkaran, oval, gris, kurva, bahkan autoshapes atau bentuk yang rumit seperti bintang dan banner. Ikuti langakah berikut untuk menggambar bentuk.









No Nama Keterangan
1 Lines Untuk menggambar baris
2 Connector Menggambar garis penghubung antar objeck
3 Basic Shapes Menggambar objeck dasar seperti lingkaran
4 Block Arrows Menggambar objeck panah
5 Flowchart Menggambar objeck yang digunakan dalam flowchart
6 Stars and Banner Menggambar bentuk khusus seperti bintang & banner
7 Callout Menggambar bentuk CallOut
8 More AutoShape Menggambar bentuk autoshape yang dari ClipArt

Untuk menggambar objek pada dokumen anda, terlebih dahulu objek yang anda kehendaki, kemudian arahkan mouse ke posisi objek yang akan anda diletakkan. Akhiri dengan melakukan drag.









5.9 Bekerja dengan Footnote
Ketika anda menekmukan fakta untuk mendukung argumentai anda, anda bisa menyisipkan catatan baik berupa Footnote maupun Endnote untuk menunjukkan acuan anda. Footnote muncul pada setiap akhir halaman, atau dalam dokumen. Sedang endnote sebenarnya mirip demgam footnote hanya saja muncul pada halaman tersendiri pada akhir dokumen. Jika anda mengubah penomoran halaman, atau apabila anda menyisipkan atau menghapus sebuah footnote atau endnote, word akan meng_update nomor referensi sehingga mereka ikut terupdate.
Adapun langkah dalam pembuatan footnote adalah sebagai berikut :

















































K
etika anda ingin membandingkan informasi numerik, misalnya penjualan triwulan tahun yang lalu atau waktu yang akan habiskan pada proyek minggu lalu, anda bisa membuat sebuah diagram. Diagram adalah grafis yang menggunakan garis, kolom, potongan pie, atau tanda lain yang mewakili angka dan nilai. Penambahan sebuah grafik kedalam sebuah dokumen, membuat daya tarik visual dan memperlihatkan trend, mengilustrasikan hubungan atau mendemonstarikan bagaimana informasi berubah dari waktu ke waktu. Hal yang akan kita pelajari dalam bab ini adalah :




Membuat Chart
Berikut ini kami sajikan bagaimana langkah – langkah untuk membuat diagram pada program Microsoft Word :


























Untuk memperjelas langkahnya berikut ini kami sajikan gambar menu Chart :
























Setelah itu akan tampil gambar seperti berikut :

















Memodifikasi Tampilan Chart
Anda dapat merubah tampilan dari diagram anda bila tidak sesuai dengan keinginan anda. Pada bagian ini anda dapat mempelajari begaimana merubah tampilan dari chart, seperti merubah type diagram, warna, bacjground, ukuran font dan element diagram.
 Pada saat anda memasukkan Chart, gunakan Chart tipe pada toolbox untuk memilih tipe dari grafik.
Mengimpor Data Kedalam Diagram
Selain menggunakan data yang telah anda ketik di Microsoft Word, untuk membuat grafik, anda bisa mendapatkan data dari sumber data lain seperti Workbook Microsoft Excel atau Database Microsoft Acces







A
nda bisa menggunakan sebuah tabel untuk mengelompokkan dan mengorganisir informasi dalam dokumen anda dalam sebuah format yang padat, konsisten, mudah dibaca. Sebuah tabel mengorganisir informasi yang beraturan kedalam baris dan kolom. Perpotongan antara baris dan kolom kita namakan sel. Anda bisa membuat sebuah tabel yang seragam dengan sel-sel yang berukuran standar, atau menggambar sebuah tabel sendiri dengan beragam ukuran sel, atau anda bisa membuat sebuah tabel dari teks yang ada. Setelah membuat tabel, anda bisa meamasukkan teks, angka dan gambar ke dalam sel-sel tersebut.

Untuk membantu pembaca menafsirkan informasi dalam tabel, anda bisa menata atau mengurutkan informasi dalam urutan yang logis. Disamping itu anda juga bisa mengubah ukuran tabel atau kolom dan baris individual. Anda juga bisa menyisipkan dan menghapus baris atau kolom jika diperlukan. Agar tabel menarik dan secara visual sebaiknya anda format teks tabel dan tambahkan border serta arsiran pada sebagian atau seluruh tabel. Tabel juga seringkali menyajikan data numerik. Untuk menjalankan perhitungan angka matematis standar pada sebuah tabel, anda bisa menggunakan perintah formula dari menu bar tabel untuk menambahkan tabel pad garis atau kolom. Atau untuk mencari rata- rata bilangan. Namun untuk perhitungan yag sifatnya lebih kompleks, ada program khusus yang menangani maslah hitung keuangan atau angka yakni Microsoft Excel

Hal – hal yang dipelajari dalam bab ini adalah:










7.1 Membuat tabel
Dalam pembuatan tabel sebaiknya diketik terlebih dahulu judul tabelnya, kemudian baru letakkan kursor pada posisi dibawah judul tabel, kemudian ikuti langkah berikut:














Untuk gambaran labih jelasnya, marilah kita lihat tampilan visual berikut ini:


Kemudian akan muncul dialog tabel berikut :














Maka bentuk tabelnya seperti dibawah ini, yakni terdiri dari 5 kolom dan 2 baris



7.2 Menyisipkan Baris Tabel
Jikalau kita mnginginkn tambahan baris karena jumlah barisnya kurang pada saat pembuatan tabel maka anda bisa awali dengan pemblokan sel, atau cukup anda letakkan kursor pada sel yanag akan disisipkan kemudian ikuti bahasa penyisipan baris pada tabel berikut ini :







Perhatikan gambar Insert Rows berikut ini :






7.3 Menyisipkan Kolom Pada Tabel
Cara untuk menyisipkan kolom pada tabel dan menyisipkan garis pada tabel hampir sama, yaitu selalu dimulai dari menu tabel. Setelah kursor berada tepat pada kolom yang akan ditampilkan ( atau diblok ), maka ikutilah langkah – langkah berikut ini :

















7.4 Menghapus baris pada tabel
Untuk menghapus baris pada tabel, sebelumnya harus diblok terlebih dahulu baris yang akan dihapus. Dari menu anda pilih Table dilanjutkan dengan Delete dan pilih Rows, dengan demikian maka akan terhapus baris yang diblok tadi.










Sebagai gambaran perhatikan tampilan berikut :














7.5 Menghapus kolom dalam tabel
Sama halnya dengan menghapus baris pada tabel, untuk menghapus kolom pada tabel juga harus didahului dengan pengeblokan kolom yang akan dihapus kemudian dari menu bar pilih Table lalu Delete dan pilih Columns. Dengan demikian maka kolom yang terblok tadi sudah terhapus.

Sebagai gambaran perhatikan tampilan berikut :














7.6 Perhitungan pada Tabel
Untuk melakukan perhitungan pada tabel, pertama letakkan kursor pada Cell yang akan ditampilkan hasilnya kemudian dari menu bar pilih Table dan dilanjutkan dengan pilihan Formula pada Formula, anda bisa ketikkan model perhitungannya kemudian akhirilah dengan OK
Nama Buku Harga Jumlah Beli Total
Matematika 15.000 10
Fisika 10.000 15







Untuk lebih jelasnya berikut kami sajikan menu formula tabel dari menu bar, pilih Table










Dan anda Pilih Formula maka akan tampil dialog Formula berikut :
Anda bisa ketikkan pada Formula diawali = dengan perhitungan yang anda inginkan











7.7 Mengatur Interface Tabel
Untuk memperbaiki tampilan dari tabel yang anda buat, anda bisa memanfatkan fasilitas Border nad Shading. Ikutilah langkah – langkah berikut :


















Langkah – langkah dalam membuat bingkai pada tabel :
Step 1 : Pada bagian 1 pilih jenis garis bingkai yang diinginkan
Step 2 : pada bagian 3 pilih warna garis bingkai
Step 3 : pada bagian 4 pilih ketebalan garis bingkai
Step 4 : pada bagian 2 gambaran pada posisi mana bingkai akan diletakkan

Selain memberikan bingkai pada tabel, anda dapat pula memperindah tampilan tabel dengan memberikan warna latar belakang. Ikutilah langkah – langkah berikut :




















Langkah – langkah dalam memberikan warna latar belakang pada tabel :
Step 1 : pada bagian 1 pilih warna latar belakang, klik More Colors untuk
mendapatkan lebih banyak pilihan warna
step 2 : pada bagian 2 pilih model atau gradasi dari warna
step 3 : akhiri dengan menekan tombol OK

cara terakhir untuk mengubah tampilan dari tabel yang telah anda buat adalah, dengan memanfaatkan Template yang telah disediakan MS Word.


























P
ada dasarnya, sebelum kita melakukan pengetikan kita harus tentukan dulu batas – batas pengetikan, jenis kertas yang kita pakai, posisi penyetakannya ( Layout ) sehingga nantinya kalau sudah jadi, kita tidak perlu melakukan penyetingan ulang. Hal yang sering terjadi dikalangan pengetikan adalah dokumen sudah baik pada layar monitor namun pada saat dilakukan penyetakan lewat printer, kertasnya tidak cukup atau batas – batasnya tidak sesuai dengan keinginan. Hal ini bisa saja terjadi karena belum dilakukannya perubahan pada Page Setup ukuran kertas yang akan dicetak di printer. Akibatnya bisa ditebak, hasil cetakannya tidak bisa di-print semuanya ke kertas printer. Adapun langkah – langkah yang harus dilakuan dalam penataan batas pengetikan sebagai berikut :








Gambaran selengkapnya seperti berikut ini :














Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut ini :






















J
ika semua sudah selesai maka kita tinggal melakukan langkah akhir yakni pencetakan. Pencetakan ada yang bisa dilakukan ke layar atau dicetak ke kertas. Berikut ini adalah langkah – langkah melakukan pencetakan ke kertas (Print).
Sebelum melakukan pencetakan dokumen ke kertas, anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah dokumen – dokumen yang dibuat telah sesuai dengan keinginan anda. Untuk memeriksa lakukan langkah berikut :






Sebelumnya, pastikan bahwa printer sudah terisi kertas dan jenis printer sudah terinstal pada komputer anda dan lakukan langkah berikut :

































Maka akan muncul tampilan sementara dilayar sebelum dicetak. Seperti berikut :























Kalau sudah benar seperti tampilan sementara, maka anda bisa pilih kembali Menu bar File dilanjutkan dengan Print maka akan muncul dialog :


































Daftar isi atau Table of Contens ( TOC ) dan Ideks ( Indexes ) adalah fasilitas yang disediakan oleh Ms. Word. Daftar isi dan indeks otomatis yang dihasilkan oleh Ms Word berdasarkan outline yang sudah anda buat dan mengacu pada format style heading 9.

10.1 Membuat Daftar Isi Otomatis
Cara yang paling mudah untuk membuat daftar isi adalah dengan memformat dokumen anda menggunakan style heading 1 hingga style heading 9 yang disediakan oleh Ms Word. Untuk membuat daftar isi otomatis, ikutilah langkah berikut ini :




Maka akan tampil kotak dialog seperti berikut ini :


































Ms Word aka menghasilkan daftar isi pada posisi dimana anda menempatkan Insertion Point

10.2 Memformat Daftar Isi
Daftar isi otomatis atau Table of Contents ( TOC ) diformat menggunakan Format Style TOC 1 hingga TOC 9. format TOC 1 untuk format daftar isi level 1, sedangkan format TOC 2 untuk level 2 dan seterusnya. Jika anda ingin mengganti format yang anda gunakan, pilih format Style dari menu format

10.3 Menentukan Sendiri Format Daftar Isi
Selain menggunakan format daftar isi yang disediakan oleh Mw Word seperti Classic, Fancy, dan lainnya, anda juga bisa menentukan format sendiri, dan ikutilah langkah berikut :



























10.4 Membuat Indeks
Ms. Word menyediakan fasilitas untuk membuat daftar indeks secara otomatis, sebelum memulai membuat indeks, anda harus menandai terlebih dahulu teks yang akan diindeks. Teks yang akan diberi kode yang tersembunyi yang danamakan XE atau Index Entri, Ms Word akan menghimpun teks yang telah anda beri tanda untuk diindeks dan menempatkannya pada akhir dokumen pada bagian tersendiri. Indeks entri mencakup isi Header dan Footer jika anda menghemdaki.

10.5 Menandai Entri Indeks
Langkah pertama sebelum membuat indeks adalah menandai teks yang akan diindeks. Untuk itu ikutilah langkah berikut :
1. Pilih Teks yang akan diindeks
2. Tekan Alt+Shift+X
Maka akan tampil gambar sbb :













3. teks yang telah anda pilih akan tampil pada kotak Main Entry
selanjutnya, pilih salah satu langkah dibawah ni :
- Jika anda hanya ingin teks yang anda pilih yang diindeks ( ditandai dengan XE yang arinya Index Entry ). Tekan tombol Mark, maka teks tersebut akan ditandai XE
- Jika anda ingin semua teks yang sama dengan teks dengan teks yang anda pilih pada seluruh dokumen ditandai XE, tekan tombol Mark All. Ms. Word akan membedkan teks dengan bentuk huruf besar dan kecil
4. Jika anda membutuhkan, anda dapat membuat sub entry dengan memasang teks sub entry pada kota sub entry. Teks yang anda pasang pada kotak sub entry merupakan bagian dari teks yang anda ketik pada Main Entry. Setelah anda mengisi teks pada kotak Main Entry dan sub Entry, tekan tombol Mark atau Mark All untuk menandai teks yang sama pada seluruh dokumen. Ms. Word akan membatasi antara teks Main Entry dengan sub entry dengan tanda titik dua ( : )
5. Jika diperlukan anda juga dapat menyertakan acuan di daftar indeks, jika anda ingin membuat indeks dengan acuan silang, pilih tombol pilihan Cross-reference padabagian option. Isi kotak Cross – reference dengan teks, and dapat mengganti keterangan default : see " dengan teks lain, misalnya " lihat "
Setelah anda mengisi teks pada kotak mai entry dan acuan silang dikotak cross – reference. Tekan tombol Marks. Pada saat anda membuat indeks dengan acuan silang, tobol Mark All tidak aktif.
Ms. Word akan menandai teks yang anda indeks dengan acuan silang dengan kode seperti ilustrasi gambar berikut :












Saat anda bekerja dengan kotak Mark Index Entry. Sementara kotak dialog Mark Index Entry masih terbuka, saat jendela dokumen Ms Word aktif, anda dapat menggulung layar dan memilih teks yang lain untuk ditandai dengan XE
1) setelah anda memilih teks yang lain, anda dapat mengulangi langkah ke – 3 sampai ke – 5
2) tekan tombol Close jika anda telah selesai menandai teks yang akan diindeks

setelah anda selesai menandai teks dengan XE, anda dapat memulai untuk membuat indeks.

10.6 Membuat Indeks
Setelah anda menyiapkan eks dengan memberi tanda XE untuk dibuatkab daftar isi indeks, anda dapat memulai dengan langkah berikut ini :
1. Tempatkan Insertion Point pada posisi dimana daftar indeks akan ditempatkan ( biasanya di akhir dokumen )
2. dari menu Insert, pilih perintah Index and Tables
Maka akan tampil gambar berikut :














1) Aktifkan tabulasi Indeks
2) Untuk menggunakan kotak dialog Index and Tables tabulasi Index, perhatian penjelasan berikut :
 Type
Pada bagian type anda dapat memilih Indented untuk menampilkan sub entry pada baris berikutnya dengan indentasi, atau pilih Run-in dan Teks sub entry akan tampil sejajar dengan teks main entriy
 Format
Pilih salah satu format yang disediakan dan saat anda memilih salah satu nama format, perhatikan contoh tampilan daftar indeks pada bagian Preview
 Heading for Accend Letters
Menampilkan judul tiap kategori berdasarkan abjad
 Right Align Page Number
Aktifkan kotak periksa Right Align Page Number, maka nomor halaman akan ditempatkan rata diposisi kanan. Jika anda tidak memilih kotak periksa ini, maka Ms. Word akan menempatkan nomor halaman pas di samping Indeks teks.
 Coloms
Berapa jumlah kolom yang anda inginkan untuk daftar indeks. Masukkan nilai pada kotak Columns


 Tabs Leader
Jika anda mengaktifkan kotak periksa Right Align Page Number, maka Tab Leader akan tampak aktif, anda dapat memilih salah satu bentuk Tab Leader untuk membatasi indeks karakter dengan nomor halaman.

10.7 Memperbaharui Indeks
Anda dapat menambah teks pada index Entry, kemudian meng-update daftar indeks yang ada untuk diperbaharui. Pindahkan Insertiom Point pada daftar indeks kemudian klik kanan mouse atau gunakan perintah Shift + F10 untuk menampilkan Shortcut menu lalu pilih Update Field, maka Ms. Word akan menghimpun ulang daftar teks yang telah ditandai dengan XE da memperbaharui daftar Indeks.















































Seringkali anda mendistribusikan dokumen yang telah anda buat kepada orang lain, salah satunya dengan cara elektronis, pada saat itu mungkin saja anda menerima orang lain untuk membaca, merevisi, dan mengomentari dokumen yang anda kirim. Pada saat itu anda dapat melihat perubahan apa saja yang telah terjadi, selain itu anda dapatpula melindungi dokumen anda dari orang lain, pada bab ini anda akan mempelajari :







11.1 Pelacakan terhadap perubahan dalam dokumen
Ddengan pelacakan maka anda dapat memperbaiki dokumen tanpa merasa takut kehilangan naskah aslinya, Word secara otomatis akan memperlihatkan warna berbeda dari teks yang diubah, meampilkan kata yang dihapus pada sebuah lingkaran ditepi dokumen anda, dan lain sebagainya. Untuk mengaktifkan pelacakan ikutilah langkah berikut :











Jika tanda revisi mengganggu, anda bisa melacak perubahan tanpa menampilkan tanda revisi, untuk menyembunyikan revisi klik tombol Track Changes pada toolbar Reviewing, jika anda ingin memulai pelacakan klik panah bawah pada Display for Revie dan kemudian klik final. Apabila anda telah selesai mengerjakan dokumen anda klik panah bawah Display for Review kemudian klik Final Showing Markup.
Anda juga bisa melacak perubahan satu persatu menggunakan tombol Next Change atau tombol Previous Change, kemudian gunakan tombol Accept Change untuk menyetujui perubahan yang terjadi atau gunakan tombol Reject Change untuk membatalkan perubahan yang terjadi.
Anda juga bisa pula menerima semua perubahan yang terjadi sekaligus dengan menekan panah bawah Accept Change kemudian pilih Accept All Changes in Dokumen, untuk menolak semua perubahan sekaligus klik panah bawah Reject All Changes in Dokumen

11.2 Membandingkan dan menggabungkan dokumen
Anda dapat membandingkan atau menggabungkan dokumen asli yang anda miliki dengan dokumen yang telah diedit oleh rekan anda dengan langkah sebagai berikut :


























11.3 Mereview komentar dalam dokumen
Pada bagian ini anda akan belajar tentang bagaimana menyisipkan komentar terhadap sebuah teks, komentar ini bisa anda manfaatkan untuk memberikan catatan atau anotasi pada sebuah dokumen tanpa mengubah teks dokumen.
Untuk memberikan komentar pada naskah anda maka lakukan hal berikut ini :





Word akan menyisipkan tanda kurung berwarna pada bagian naskah anda yang telah dikomentari, anda dapat pula mengetahui nama orang yang memberikan komentar dan tanggak serta waktu dibuatnya komentar tersebut dengan menunjuk ke bagian naskah yang disispi komentar. Untuk menghapus komentar, klik kanan naskah yang dikomentari kemudian klik Delete Comment.

11.4 Melindungi documen
Pada bagian ini anda akan belajar tentang bagaimana cara melindungi dokume n anda, perlindungan terhadap dokumen pada Ms. Word dapat dibagi menjadi dua yaitu, bagaimana membuat dokumen dapat dibaca oleh orang lain tetapi orang tersebut tidak dapat mengubah dokumen, yang kedua yaitu bagaimana agar sebuah dokumen tidak dapat dibuka oleh orang lain.
Untuk melindungi sebuah dokumen, ikutilah langkah berikut ini :



























11.5 Mengirim dokumen dengan E-mail
Dokumen yang telah anda ketik, dapat dikirimkan kepada orang lain dengan cepat menggunakan e-mail. Microsoft Word telah menyediakan fasilitas yang memungkinkan anda mengirimkan e-mail sehingga anda tidak perlu lagi membuka program untuk e-mail. Berikut adalah langkah untuk mengirimkan dokumen anda menggunakan e-mail.
































Pada bab ini akan dibahas penggunaan Microsoft Word di dunia internet, walaupun Microsoft Word adalah sebuah program aplikatif untuk mengolahkata namun Word juga memiliki kemampuan untuk mendesain sebuah website. Pada bab ini anda akan belajar mengenai :

12.1 Konversi Dokumen ke Halaman Web
Ada langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk meruubah dokumen anda menjadi sebuah halaman Web, yaitu dengan cara menyimpan file anda seperti biasa, namun pada kotak Save As Type pilih Web Page.
Dengan langkah diatas maka dokumen yang telah anda buat telah berubah menjadi sebuah halaman Web.

12.2 Membuat Dokumen yang Berisi Link
Ciri khas dari sebuah halaman Web adalah memiliki Link. Link adalah sebuah objek ( teks atau gambar ) yang apabila kita klik, akan membuka halaman lain. Microsoft Word juga menyediakan fasilitas untuk membuat Link, yaitu dengan cara :
































12.3 Menghentikan Web Link Otomatis
Word memberikan fasilitas untuk membuat hiperlink secara otomatis dengan default ketika anda mengetik alamat internet. Klik di link-nya dan anda langsung menuju ke lokasi tersebut di internet.
Namun kadang feature ini justru menyusahkan anda. Jika anda ingin mematikannya, inilah caranya :
Pilih Tools Auto Correct, lalu klik tab Autoformat as You Type pada kotak dialog. Selanjutnya bersihkan kotak Internet and Network Path with Hiperlink, kemudian klik OK.
Untuk menonaktifkan hiperlink di dokumen MS Word yang dibuat secara manual atau otomatis –klik kanan hiperlink, lalu pilih hiperlink- edit hiperlink dan klik tombol remove link pada kotak dialog.

12.4 Menyimpan Alamat Web ke Dokumen Word
Sedikit demi sedikit teknologo menutupi kelemahan Web. Namun sampai sekarang belum ditemukan cara untuk menyederhanakan alamt web, bagaimana mereka meng harapkan anda mengetik sesuatu yang panjang dan kompleks tanpa membuat kesalahan.

Ikuti tip ini : jika anda ingin memasukkan alamt web ke dalam dokumen, jangan mengetiknya, tetapi salinlah seperti berikut :

1. Pada browser web, jelajahi alamat web yang ingin anda salin dalam dokumen.
2. Pada jendela Addres atau Netsite pada browser, pilih alamat web. Biasanya anda dapat melakukan hal ini dengan mengkliknya ( lihat gambar )
3. Tekan Ctrl + C untuk menyalin alamat tersebut
4. Pada Word, letakkan kursor ditempat anda ingin memunculkan alamat
5. Tekan Shift + Insert ( Ctrl +V ) untuk mem-paste alamt tersebut kedalam dokumen

Anda tidak perlu mengetik apa pun. Selain itu, begitu anda menekan spasi atau enter, Word akan secara otomatis mengubah alamat tersebut menjadi hiperlink.

12.5 Menyalin Word Art dalam Halaman Web
Dengan Word, anda dapat membuat halaman web sederhana yang berisi teks dan Word Art, namun masalahnya adalah Word tidak menyimpan Word Art bersama dengan teks. Jadi jika anda menyimpan halaman web tersebut menggunakan File –Save As HTML kemudian menutupnya, ketika anda membuka kembali anda hanya akan menemukan teks tanpa Word Art.
Agar Word Art tersimpan bersama-sama dengan teks, lakukan hal berikut ini : Klik gambar Word Art untuk memilihnya, kemudian pilih Edit-Cut, setelah itu pilih Edit-Paste Spesial. Ketika kotak dialog paste spesial terbuka, pilih Picture dari daftar As dan klik OK untuk menutup kotak dialog dan mem-paste Word Art. Sekarang atur ukuran dan letak Word Art sesuka anda dan pilih File-Save As HTML. Beri nama pada file tersebut dan klik Save.

12.6 Web Page Wizard
Anda dapat merancang halaman web dari nol –menggambar dan mengetikan pada keyboard kemudian menyimpan hasilnya sebagai HTML. Atau anda dapat menggunakan Web Page Wizard yang ada di Word dan membiarkan Wizard ini memulainya dengan menyatakan tipe halamn web yang anda inginkan. Pilihlah salah satu tipe dan Wizard akan membuatnya tentu saja dengan bantuan kecil dari anda. Tidak perlu merancang banyak tabel jika anda ingin halaman teks sederhan, dan tidak ada alasan untuk membuang waktu dengan desain bisnis yang rumit jika anda ingin menghasilkan halaman personal yang ceria.

Untuk melihat aksi Wizard ini, ikuti langkah-langkah berikut :
1. pilih file New
2. pada kotak dialog New File, klik Tab Web Page
3. klik dua kali Web Page Wizard
4. pada kotak dialog Web Page Wizard , Pilih salah satu tipe halaman yang anda inginkan lalu klik Next
5. Kemudian ilih salah satu Visual Type dan klik finish

Anda akan mendapatkan halaman yang siap anda isi, klik saja link – link yang ada disana untuk mengisinya dengan materi yang ingin anda msaukkan. Anda dapat mengganti jenis warna font atau memasukkan gambar, akan tetapi ingat, sebelum memasukkan gambar apapun, simpan dulu halaman tersebut dalam format HTML
Jika ingin merancang hlaman web dengan beberapa link dan anda ingin halaman web yang bervariasi, jalankan wizard ini beberapa kali.

12.7 Link Internet di Dokumen
Anda ingin mengirimkan dokumen word ke beberapa rekan melalui e-mail pada dokume tersebut, anda menyarankan untuk melihat beberapa situs web, mungkinkah meletakkan link dalam dokumen word sehingga penerima dapat dengan mudah mengklik link tersebut untuk melihat situs yang anda maksud.

Tidak hanya sekedar mungkin, tetapi ini merupakan default word, jika word anda tidak memungkinkan link http, berarti seeorang telah menonaktifkan pada pilihan tesebut. Untuk mengaktifkannya kembali, pilih tools lalu Autocorrect. Ketika Autocorrect terbuka, klik Internet dan Network Path with Hyperlink, kemudian klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut dan menyimpan perubahan yang anda buat.

Ketik saja URL pada dokumen dan segera setelah anda menekanspasi, anda akan melihat teks URL tersebut muncul dengan warna biru dan bergaris bawah. Jika anda ( penerima ) mengklik link tersebut, sistem akan melakukan sambungan ke ISP dan membawa anda ke situs yang dimaksud.






Pada saat bekerja menggunakan Ms Word, maka anda membuat dokumen sesuai dengan style yang anda kehendaki, pada bab ini akan dinbahas bagaimana cara mengubah Toolbar dan menggunakan Makro untuk otomasi tugas yang berulang kali.
Pada bab ini kita akan mempelajari tentang :





13.1 Menyesuaikan Menu
Pada saat pertama kali membuka Microsoft Word, maka anda akan dihadapkan pada sekumpulan Menu pada Menu bar seperti, File, Edit, View dan lainnya. Word juga mempunyai kemampuan untuk membuat sub menu pendek yang hanya berisi perintah – perintah yang paling sering digunakan, namun untuk mempermudah pekerjaan, anda juga bisa menyesuaikan menu sesuai dengan kebutuhan anda.

13.1.1 Membuat Menu Baru
Untuk membantu kemudahan pekerjaan, anda bisa membuat menu baru yang berisi perintah – perintah yang paling sering anda gunakan sengan cara :

























Sampai tahap ini anda telah selesai membuat sebuah menu baru di menu bar, untuk memodifikasi menu baru tersebut ikuti langkah dibawah ini :


 Mengubah nama menu baru anda
Untuk mengubah nama menu baru anda klik kanan pada menu baru anda, kemudian pada bagian Name ketikkan nama baru menu anda.
 Menambahkan menu pada menu baru anda
Masuk kembali pada kotak dialog Customize, klik salah satu Categories, dan kemudian Drag salah satu item pada bagian Commands ke dalam Menu baru anda.
 Menghapus menu baru anda
Masuk kembali ke dalam kotak dialog Customize, kemudian klik kanan pada menu baru anda akhiri dengan menekan sub menu Delete.

13.2 Menyesuaikan Toolbar Anda
Toolbar adalah sekumpulan icon yang terletak pada bagian atas jendela Microsoft Word, icon yang terdapat pada toolbar dapat anda gunakan untuk mempercepat pekerjaan anda, toolbar yang terapat pada Microsoft Word dapat anda tambahkan sesuai dengan kebutuhan anda.
Cara untuk menambahkan icon pada toolbar yaitu :
Klik Icon Toolbar Option kemudian pilih Add or Remove Button, klik pada Icon yang akan anda tambahkan ke toolbar.

13.3 Otomasi Tugas Menggunakan Makro
Makro adalah serangkaian perintah yang direkam, dengan menggunakan fasilitas ini anda dapat menyingkat beberapa perintah hanya dalam satu langkah, misalnya anda seringkali menggunakan format tertentu seperti format huruf, paragraf dan lain – lain untuk membuat sebuah dokumen, dengan Makro anda dapat menjadikan semua perintah tersebut hanya dalam satu perintah.
Cara untuk merekam Makro adalah sebagai berikut :






























Membuat surat adalah pekerjaan yang cukup sering dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Word, oleh karena itu word menyediakan berbagai fasilitas untuk mempermudah anda dalam membuat surat
Pada bab ini kita akan mempelajari tentang Mail Merge, mail merge adalah fasilitas dalam Ms.Word untuk membuat berantai surat undangan yakni surat yang mempunyai isi sama untuk tujuan yang berbeda.

Step 1 :
Langkah awal untuk membuat Mail Merge adalah dengan mengetikkan terlebih dahulu dokumen anda
Step 2 :
Untuk mempermudah pekerjaan nada, tampilkan toolbat Mail Merge dan Taks Pane dengan cara :




















Step 3 :
Klik gambar segitiga terbalik pada bagian Task Pane, kemudian klik menu Mail Merge. Akan tampil task pane Mail Merge














Step 4 :
Langkah selanjutnya adalah dengan memilih dokumen yang anda pakai sebagai surat anda
















Pilih dokumen yang akan anda gunakan, kemudian klik Next untuk ke step selanjutnya

Step 5 :
Pada step selanjutnya, anda diminta untuk memilih daftar penerima, perhatikan berikut :

1. Klik Browse untuk mencari file tempat daftar tujuan surat tertulis, selanjutnya akan terbuka kotak dialog Select List
2. pilih File kemudian akhiri dengan menekan Open
3. kemudian akan terbuka kotak dialog penerima
4. pada kotak dialog tersebut, anda dapat menghilangkan tanda centang bagi orang yang tidak disertakan dalam surat anda.
5. Klik Next untuk ke langkah selanjutnya.





















Step 6 :
Pada bagian ini anda diminta untuk memberikan kelengkapan pada penerima, selain itu pada step ini anda juga diminta untuk meletakkan posisi dari data – data penerima dengan cara :























Setelah selesai memasukkan data penerima, klik Next untuk ke langkah selanjutnya

Step 7 :
Pada bagian ini, klil Edit Recipient List jika nda ingin merubah daftar penerima, jika tidak klik Next

Step 8 :
Pada bagian terakhir klik Print jika anda ingin mencetak atau klik Edit Individual Letters bila ingin memperbaiki isi surat anda.




LATIHAN SOAL – SOAL WORD


Soal Latihan 1
1. Ketiklah soal latihan dibawah ini
2. simpanlah soal tersebut dengan nama Source1.Doc




BAB II
Teknologi Jaringan Komputer Nirkabel
Pada awal tahun 2000 yang lalu, ada beberapa perusahaan Taiwan dan Jepang yang membuat satu terobosan dengan membuat apa yang sering disebut sebagai Wireless in the Box, yaitu perangkat sejenis "ciptaan" Onno Purbo dan kawan-kawan yang dikemas dalam bentuk yang lebih kecil, tanpa menggunakan komputer. Wireless in The Box (WITB) berisi PCMCIA card yang dipasang pada papan elektronik yang dirancang sedemikian rupa hingga dapat memindahkan data dari radio yang ada di PCMCIA ke saluran ethernet.
Ada dua koneksi di dalam WITB, satu sambungan ke antena luar dan lainnya ke sambungan RJ-45 standar ethernet. Sedangkan dua sambungan lainnya adalah standar serial untuk pengaturan awal dan sambungan tenaga listrik ke adaptor 9 volt. Perangkat WITB disambung ke switch atau dalam jaringan lokal, kemudian dengan menggunakan perangkat lunak yang ada kita dapat mengatur berbagai parameter yang ada seperti pengaturan IP address, client dan access point, dan pengaturan lainnya.
Kenapa ditulis WITB? Karena model dan jenisnya sangat banyak dan beragam, mulai dari yang namanya aneh, sampai yang berbau mistik bisa didapatkan di pasaran. Penggunaan WITB makin lama akan semakin banyak, karena infrastruktur yang dikuasai oleh PT Telkom belum bisa memberikan solusi murah dan tersedia di semua daerah. Sementara itu, tidak banyak yang sadar kalau frekuensi 2,4 GHz dengan bentangan gelombang antara 2,4000 GHz sampai 2,4835 GHz, hanya menyediakan 3 saluran (channel) yang betul-betul tidak saling mengganggu.

Soal Latihan 2

Soal latihan 2.1. Kerjakan Soal berikut ini
1. Bukalah file Source1.Doc
2. buat dokumen menjadi rata kanan dan kiri
3. buatlah judul pada dokumen tersebut berada pada posisi tengan
4. simpanlah kembali dengan nama “ Latihan2_1.Doc

Soal Latihan 2.2. Kerjakan soal berikut :
1. Buka kembali file Latihan 2_1.Doc
2. pada setiap awal paragraf, jadikan baris ke 1 masuk ke dalam sebanyak 1,5 Cm
3. buat jarak antar baris menjadi 1,5 Lines
4. simpanlah kembali file tersenut dengan nama Latihan2_2.Doc

Soal Latihan 2.3. Kerjakan soal berikut :
1. Bukalah file latihan2_2.Doc
2. buatlah paragraf dengan aturan sebagai berikut :

Paragraph I :
Batas kiri : 0 Cm
Batas kanan : 2 Cm

Paragraph II :
Batas kiri pada posisi : 2 Cm
Batas kanan pada posisi : 13 Cm


Soal Latihan 2.4.
1. Buatlah daftar isi seperti contoh dibawah
2. Perhatikan bentuk dan format penulisan
3. Simpan kembali dengan nama Latihan2_4.Doc






















DAFTAR ISI


BAB I : Pengenalan
1.1 Memulai word 1
1.2 Pengenalan layar 5
1.3 Membuka menu 6

BAB II : Opearsi File
Membuat file 9
Menyimpan dokumen 10
Menyimpan semua file yang aktif 15

BAB III : Menyunting Naskah
Membuat blok 16
Memperbanyak teks 18
Memindah text 20
Membatalkan instruksi terakhir 25
Soal Latihan 3
1. Buatlah sebuah dokumen seperti dibawah ini dengan ketentuan
- pada dokumen anda tambahkan sebuah bingkai halaman
- tambahkan animasi teks untuk judul dokumen tersebut
2. simpanlah dengan nama Latihan 3_1



























Soal Latihan 4
1. Buatlah dokumen seperti dibawah ini, kemudian simpanlah dengan nama Latihan 4_1.Doc


Suramadu
“ antara manfaat dan mudharat “


Anda pernah mendengar istilah ini?
Suramadu adalah akronim dari Surabaya - Madura, maksudnya adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Jawa Timur dengan Pulau Madura. Rencana pemabangunan jembatan ini dimulai sejak Habibie berkuasa dan baru terealisasi saat ini. Peresmian pembangunan Suramadu (Rabu,20 Agustus 2003) dilakukan oleh Presiden megawati di dua tempat yaitu Jawa Timur kemudian terbang menggunakan helikomper ke Madura. Pembangunan jembatan ini memakan waktu sekitar 4 tahun dengan menghabiskan dana sebesar 2,8 triliun rupiah.

Menjadi pertanyaan adalah, Apakah jembatan Suramadu bermanfaat untuk dibangun?
Apapun bentuk pembangunan tentu bermanfaat, namun seberapa besar manfaat yang diperoleh dari pembangunan jembatan ini.


Madura merupakan salah satu pulau kecil yang berada di timur Pulau Jawa, namun memiliki kepadatan penduduk yang cukup padat. Hasil industrinya yang terkenal hanya garam (mungkin ada yang lain, saya tidak tahu!), namun (saya pikir) kurang begitu bermanfaat dana sebesar itu (Rp 2,8 triliun) untuk membangun jembatan yang hanya dinikmati oleh sebagian (sangat) kecil bangsa Indonesia.
Akan lebih bermanfaat pembangunan sebuah jembatan raksasa, yang menghubungkan pulau satu dengan pulau lainnya, dilaksanakan untuk menghubungkan antara Pulau Sumatera dengan Pulau Jawa dan Pulau jawa dengan pulau Bali. Mengapa?

Soal Latihan 5.1
1. buatlah brosur seperti contoh dibawah ini
































1. Buatlah alur seperti dibawah ini, kemudian simpan kembali dengan nama Latihan 5.2





















Soal Latihan 6
1. Buatlah dokumen yang dilengkapi grafikdibawah ini, kemudian simpan kembali dengan nama Latihan 6_1.doc

No : 345/A1/PT. Jaya Motor/xii/2003
Hal : Laporan Penjualan Mobil
Lamp : -

Kepada Yth :
Direktur P.T. Jaya Motor
Bapak Budi Setiawan, MBA

Dengan Hormat,

Bersama dengan surat ini, kami sampaikan laporan tentang penjualan mobil Niaga yang kami dapatkan dari Biro Pusat Statistik Surabaya dengan dasar data dari Direktorat Pajak Kota Surabaya. Data ini perlu kami sampaikan untuk melengkapi laporan tahunan yang telah kami sampaikan sebelumnya dalam rangka mempersiapkan strategi penjualan pada periode tahun 2004.


No Merk Mobil Semester 1 Semester 2 Total
1 Suzuki Carry Extra 300 350 650
2 Suzuki Baleno 250 124 374
3 Daihatsu Expass 200 150 350
4 Toyota kijang 100 200 300
5 Isuzu Panther 250 300 550
Total 1100 1124 2224





Demikian isi surat kami, atas perhatian bapak kami sampaikan terima kasih
Surabaya, 20 Juli 2003

Soal Latihan 7.1
1. Buatlah dokumen berikut ini, gunakanlah tabel untuk membuat bingkai pada judul
2. Simpanlah kembali dengan nama Latihan 7_1








Daftar Transkrip Nilai

Nama : Roberto Carulus
Nrp : 23231515

Semester Gasal 1997/1997

No Kode MK Nama MK Nilai Bobot SKS Total Keterangan
1 MU201 Pancasila A 4 3 12 Lulus
2 MU102 B. Inggris E 0 2 0 Gagal
3 MU302 Matematika D 1 3 3 Lulus
4 MA832 Komputer 1 B 3 3 9 Lulus
5 MT324 Speaking B 3 2 6 Lulus
6 MT123 Politik Ekonomi C 2 3 6 Lulus
7 MU234 Praktek Bank Mini A 4 3 12 Lulus
8
9
10
Total 19 48

IPS = 48 / 19
= 2.52 IPK = 2.75


Ketentuan :
 Daftar transkrip nilai ini wajib disimpan baik-baik oleh mahasiswa
 Jika terjadi kesalahan, harap hubungi BAAK
 Kecurangan/Pemalsuan Transkrip Nilai akan dikenakan sanksi akademis

Lembar :
1. Arsip BAAK
2. Arsip Jurusan

Soal Latihan 7.2
1. Buatlah form registrasi dibawah ini, manfaatkan tabel untuk membuat form dibawah ini
2. Simpanlah kembali dengan nama Latihan 7_2

[ Name of Practice ]
REGISTRATION FORM

Todays Date____/___/___ PCP._________________
PATIEN INFORMATION
Patien’s Last Name First Middle • Mr • Miss
• Mrs • Ms Marital Status ( Circle One )
Singgle/Mar/Div/SepWid
Is this your legal name ?
• Yes • No what is your legal name ? ( Former Name ) Birth Date
____/______/ Age Sex
• M • F
Street Address
City State Zip Code Social Security Home Phone No.
P.O. Box
City State Zip Code
Occupation Employer
Employer Phone No.
Choose clinic because/peferred to clinic by ( please check one box ) • Dr _________ • Insurance Plan • Hospital
• Family • Friend • Close to home/work • Yellow Page • Other __________________
Other family members seen here __________________________________________________________________________

PATIEN INFORMATION
Name of local friend or relation Relationship in patient Home Phone No Work Phone No
The above information is true to the best of my knowledge.
PATIENT / GUARDIAN SIGNATURE DATE





Soal Latihan 8
1. Buatlah sebuah amplop seperti contoh dibawah ini, perhatikan pengaturan kertas dan lain – lain
2. Simpanlah kembali dengan nama Latihan8_1.Doc






































Soal Latihan 9

1. Buatlah sebuah Shortcut agar memenuhi aturan berikut :
 Ctrl + D : untuk membuat sebuah tabel dengan 5 baris dan 3 kolom
 Ctrl + I : untuk membuat agar teks yang terseleksi berubah menjadi
tebal dengan ukuran 14, dan jenis huruf Arial
2. Buatlah sebuah menu yang bernama “ Ubah Teks “
Dalam menu tersebut berisi 2 macam submenu yaitu :
- Tels Tebal
- Teks Miring

Soal Latihan 10

1. Buat data dibawah ini untuk mail merge dengan anama data.doc
Nama Alamat Kota
PT. UBAYA RAYA JL. NGAGEL JAYA 100 SURABAYA
PT. MAJU MAKMUR JL. PUCANG ANOM 45 MALANG
C.V SUMBER TIMUR JL. DEMAK 90 A SEMARANG
PT. EBIZ EE JL. PUCANG 23 SURABAYA

2. Buatlah surat untuk mail merge dengan nama : Surat.Doc
( catatan : contoh surat tersebut terlampir dibawah dan merupakan hasil mail merge untuk data yang pertama )
3. cetak surat yang telah anda buat ke dokumen dengan nama : Latihan Cetak









No : 03/A/I/2003
Hal : Penawaran sewa alat – alat Sound System
Lamp : -

Kepada Yth :

Bapak/Ibu Pimpinan
P.T Ubaya Raya
Jl. Ngagel Jaya Selatan 100
Surabaya

Dengan hormat,

bersama dengan ini, kami perusahaan yang bergerak dakam bidang penyewaan sound system untuk pesta, upacara, pertunjukan dll. hendak memberikan penawaran kepada bapak/ibu seandainya dalam lingkungan kantor bapak/ibu membutuhkan alat – alat tersebut, adapun perincian dari barang yang kami tawarkan beserta harga sewa per unitnya kami berikan dalam bentuk tabel berikut :

NO NAMA BARANG HARGA
1 Sound System 1000 Watt Rp. 1.000.000 / hari
2 Sound System 2000 Watt Rp. 2.000.000 / hari
3 Sound System 3000 Watt Rp. 3.000.000 / hari
4 Sound System 5000 Watt Rp. 5.000.000 / hari

demikian isi surat penawaran ini, kami berharap dapat menjalin kerjasama yang baik, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


Surabaya, 10 Januari 2003




Drs. Budi Bambang
Manajer Marketing

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar